Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan » Berita » Sulsel Menjadi Provinsi Kedua Kinerja Terbaik

Sulsel Menjadi Provinsi Kedua Kinerja Terbaik

Peringatan HUT Otonomi Daerah ke 15 yang berlangsung di Halaman Kantor Balaikota Bogor, Jawa Barat, Senin 25 April 2011 yang mengangkat tema “Dengan Semangat Otonomi Kita Tingkatkan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Dalam Pelayanan Publik dan Inovasi Daerah”, sangat berkesan bagi Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam acara yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI Boediono tersebut, Gubernur Sulawesi Selatan menerima Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 120-276 Tahun 2011 tentang Penetapan Peringkat dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2009.

Dalam surat keputusan tersebut, ditetapkan 3 provinsi yang mendapatkan nilai tertinggi. Provinsi Sulawesi Selatan menduduki posisi kedua dengan memperoleh skor nilai 2,9605. Sementara itu, posisi pertama diraih oleh Provinsi Sulawesi Utara dengan nilai skor 2,9701 sedangkan posisi ketiga diraih oleh Provinsi Jawa Tengah dengan skor nilai 2,8960.

Mengomentari raihan ini, salah seorang anggota Sekretariat Tim EPPD Prov. Sulsel Tahun 2010, Andi Fachri, SE., mengungkapkan, “ini semua dapat dicapai karena kerja keras dari Tim Daerah, Tim Tekhnis Daerah yang didukung oleh Sekretariat Tim”.

“Penghargaan ini bukan sesuatu yang mudah di raih, Penetapan peringkat ini dilakukan setelah Tim Terpadu Kementerian Dalam Negeri RI melakukan penilaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2009 dimana terdapat 173 indikator penilaian”, lanjut Fachri.

Masih menurut Fachri, “Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah merupakan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 yang harus dibuat setiap tahun. Laporan ini meliputi urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas pemerintahan, jadi penilaiannya komprehensif”.

“Untuk mendukung kelancaran pembuatan laporan ini, maka pemerintah Prov. Sulsel membuat Sistem Informasi LPPD, sistem ini memungkinkan LPPD dirampungkan secara serempak dan terpadu. Dan menjadi sebuah kesyukuran, dua Kabupaten di Sulsel juga masuk dalam 10 Kabupaten Terbaik”, ungkap Fachri.

Kedua kabupaten yang di maksud oleh Fachri tersebut adalah Kabupaten Enrekang di peringkat enam dan Kabupaten Luwu Utara di peringkat delapan, “Semoga tahun depan, kita bisa menjadi lebih baik,” harap Fachri mengakhiri percakapan.

Written by

Filed under: Berita

Leave a Reply

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>