Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan » Berita » Pemahaman terhadap SPIP penting bagi Pengawasan

Pemahaman terhadap SPIP penting bagi Pengawasan

Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis “Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)” selama 3 hari (22 – 24 Nopember 2010) di Makassar. Bintek yang diikuti oleh 40 orang peserta dari Inspektorat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan ini, dibuka oleh Inspektur Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Azikin Sholtan, M.Si

Dalam laporannya, Syafruddin Kitta, ST., M.Si selaku Ketua Panitia Bimbingan Teknis “Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) menjelaskan bahwa pelaksanaan Bintek ini untuk mendukung tugas pokok dan fungsi Inspektorat dalam melakukan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Ini untuk menyamakan persepsi mengenai SPIP di kalangan aparat Inspektorat terkait pelaksanaan tugas pembinaan pengawasan, maka kami merasa perlu melaksanakan Bimbingan Teknis terkait masalah SPIP” ungkap Sekretaris Inspektorat Prov. Sulsel yang dikenal dekat dengan bawahannya.

Masih menurut Syafruddin, “SPIP ini bukan barang baru sebenarnya, sudah ada Peraturan pemerintah No. 60 Tahun 2008 yang mengatur tentang ini. Cuma dalam implementasinya, masih sering muncul masalah karena kurangnya pemahaman atas konsep dasar SPIP ini”.

“Diharapkan, bintek ini dapat memberi bekal pengetahuan, keterampilan dan pemahaman kepada para peserta Bintek mengenai konsep dasar SPIP”, lanjut mahasiswa yang sedang menempuh program doktoral di Pascasarjana UNM.

Narasumber untuk Bintek SPIP, berasal dari Perwakilan BPKP Prov. Sulsel, diantaranya: Soebarkah, Ak., Damargo Hadiono, Ak., ME., dan Nur Ana Sejati, Ak., MPA.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 40 orang, 25 orang dari Inspektorat Prov. Sulsel dan 15 orang dari Inspektorat Kabupaten/Kota se-Sulsel. “Sebenarnya kami mengutamakan peserta dari Inspektorat Kabupaten/Kota, tapi beberapa Kabupaten/kota tidak sempat mengirimkan peserta seperti Maros, Luwu, Luwu Timur, Palopo, Bantaeng, Parepare, dan Bulukumba”, pungkas pemegang gelar Magister Teknik dan Magister Keuangan Daerah ini.

Written by

Filed under: Berita

Leave a Reply

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>